Minggu, 30 September 2012

Alasan Aku Bertanya.


akan cantik kah hidupku?

aku bertanya,

untuk yang keseribu kali

dalam kelu rasa ragu ku yang lama letih

lamat suara takut ku bertanya …

akan cantik kah hidupku?
akan kah hidup ku pernah mendekati yang indah,

yang terpikul lebih ringan,

dan terhirup lebih harum?
sepanjang jalan ini telah mengenal ku

bukan sebagai yang bernafas

karena bagi yang hidup, aku ini

sebaik tak bernafas
berjalan sendiri

dengan kepala kosong dan senyap

dan selalu kesenyapan dari kesedihan ini

memekakkan telinga hati ku

dengan pertanyaan yang berulang sama …

akan cantik kah hidup ku?
bagaimana ku tahu?

aku sudah letih mencoba

membaikkan diri ku untuk mereka

yang lalai membaikkan diri untuk ku
aku telah sibuk berpeluh tanpa boleh letih

untuk upah yang mengecilkan diri ini

di hadapan impian-impian terlemah ku
apa lagi kah yang dapat ku upayakan,

yang ini pun karena aku masih meminta?
akan cantik kah hidupku?
mengapakah mudah bagi orang lain

untuk hidup mudah,

saat aku tak bisa melihat apapun yang mungkin?
mungkin aku tak sendiri

pasti ada banyak jiwa yang nanar

memandang hidup ini

dengan kelopak mata yang berat

dan bengkak karena ketersesatan
ingin aku menangis,

tapi mataku kering.

dan aku telah berulang kali berjanji,

aku tak kan menangis lagi

lagi pula,

untuk apa air mata bagi mata ku,

bila hati ku telah lama melolong

dalam tangisan yang tak terdengar?
aku benci keadaan ku ini

karena aku dulu bukan begini
dulu aku kuat, cemerlang

apapun aku tantang

impian ku tinggi, cita-cita ku apalagi

tidak ada yang ku takuti
aku melawan siapapun

aku tak sudi mendengar siapapun

aku sombong kata mereka
heh … aku menyeringai

semua yang berkomentar itu melucu
aku meyakini rasa percaya diri ku

sebagai isi diri ku, dan

sebagai satu-satunya cara naik
selama aku yakin, aku benar

dia yang tak sependapat, harus dikalahkan

selama aku yakin, aku benar
aku bicara lebih keras, sebagai tanda aku yakin

aku rendahkan yang tak ku setujui
aku tak butuh nasehat

nasehat adalah untuk orang lemah

aku sudah cukup tahu yang ku perlukan

yang tak ku tahu, tak ku perlukan
aku heran pada orang yang heran pada sikap ku
tetapi …
yang ku yakini tak kunjung terbukti

yang ku salahkan terbukti membahagiakan orang lain

yang ku abaikan menjadi yang menghormatkan
yang ku yakini tak terbukti
aku jenderal dengan bintang kulit kerang

aku pendekar dengan pedang bambu

dan aku saudagar dengan uang daun
pasti ada yang salah
ingin ku bilang pasti mereka yang salah

tetapi mengapa hanya aku yang tertinggal?
ini yang tak enak ku akui
seyakin-yakinnya aku

aku juga tidak buta

aku bisa melihat
aku terbang dalam keyakinan ku

tetapi melata dalam kenyataan ku
mereka yang ku rendahkan itu

hidupnya tinggi mengalun di awan
sedangkan aku
mengajari mereka mengenai yang benar

dari keadaanku yang susah
ingin aku umumkan kepada diriku untuk bersabar

tetapi aku tak mengenal kata sabar

segalanya harus sekarang, harus segera

terutama karena sekarang aku ini susah
aku sudah memenuhi tahun-tahun yang panjang ini dengan kata nanti

tetapi nanti ku panjang, lama … dan terseret seret
dan sombong ku tergerus

aku sekarang lemah

semua tenaga ku telah habis

terkuras dalam kampanye keyakinan ku

yang menyesatkan ku sendiri
pedih ku akui

aku sebetulnya telah lama menyiksa diriku sendiri
tetapi lamat-lamat aku ingat

orang pernah berkata

yang dulu tak kuhormati

bahwa Tuhan Maha Memaafkan
entah karena aku sudah tak punya pilihan lain,

atau karena aku telah terlalu letih
aku mendengar Nama Yang Maha Pemaaf

dengan perasaan tergantung

dari sebuah ketinggian

yang pernah aku tinggalkan
sekarang terasa betapa penting Nama itu

aku butuh dimaafkan

aku memohon maaf
aku telah banyak menistakan nikmat Tuhan
ku gadaikan sekarang ku

untuk nanti yang juga selalu ku tunda
padahal pernah ku dengar

pensyukuran nikmat

adalah tangga menuju nikmat berikutnya
tapi dulu aku benci teori

tapi ini yang ku lihat nyata dalam kesedihan ku
aku telah menyia-nyiakan waktu ku

padahal waktu adalah pembentuk hidup ku
aku menolak nasehat baik orang lain

padahal semua nasehat baik

adalah pesan dari Tuhan

melalui manusia
aku minta maaf …
Tuhan aku minta maaf
dari relung-relung kosong hati ku

yang merasa tidak berhak untuk meminta ini
aku memohon ijin Mu untuk bertanya lagi
Tuhan, akan cantik kah hidupku?
yang kulakukan memang jauh dari cantik

yang selama ini ku dapat sama sekali tidak cantik
nama ku biasa, tak terhormat

bicara ku selalu tak mereka dengar

kalau pun mereka dengar, mereka abaikan

mereka berbicara seperti aku tak ada
tetapi, Engkau Maha Berkuasa
sehingga, bukankah aku tidak harus cantik

sebelum Engkau mencantikkan hidup ku?
Engkau sangat berkuasa
aku tahu

bila Engkau berkenan

Engkau akan mencantikkan hidup ku
tapi mungkin Engkau masih murka

karena pikiran, sikap, dan perilaku ku dulu

dan mungkin Engkau sedang menghukum ku
atau mungkin Engkau tak sampai hati untuk menghukum ku

tetapi pasti Engkau sedang mengajari ku sesuatu

karena bila tidak,

engkau telah memuliakan ku

karena terbukti Engkau telah memuliakan orang lain

di samping dan sekeliling ku
tetapi bila aku masih sedih, kekurangan, terbatasi, dan melata seperti ini

berarti Engkau sedang menyayangi mereka

lebih baik daripada Engkau menyayangi aku sekarang
itu pedih ku katakan

tetapi memang mungkin aku pantas Kau abaikan
tetapi, Tuhan … dengar dan lihatlah ini

aku telah lama terluka

oleh pelukaan yang ku lakukan sendiri
karena Engkau Yang Maha Pengasih …

maka aku yakin sebetulnya

Engkau kasihan melihat ku begini
aku memang belum tahu

seberapa besar kasih sayang ku kepada Mu

tetapi aku tahu bahwa kasih Mu besar kepada ku

maka aku memohon …
Tuhan ku sayangilah aku

maafkanlah aku

besarkanlah kecintaan ku kepada Mu
aku tahu pengabaian ku kepada Mu,

sama sekali tak merugikan Mu

tetapi janganlah Engkau mengabaikan ku,

karena tak ada kerugian yang lebih besar dari itu
bukankah sekarang Kau dengar

aku sudah orang yang lain

aku sudah baru
maka janganlah lama Kau biarkan aku hidup

dalam keletihan yang sudah panjang ini
aku pribadi baru

karena

tidak ada pribadi yang tidak terbarukan jika ia memperbarui kasih sayangnya kepada Mu
indah, jernih, damai, dan segar kecintaan ku kepada Mu Tuhan
tak apa Kau biarkan aku merasakan kesusahan ini

yang mudah-mudahan tak lama

tetapi bila cara Mu mencintai ku adalah menaruh ku dalam kesusahan,

maka aku tulus menerimanya

apakah ada daya ku menolak Mu?
bila aku menangis dalam kesedihan ku

dan bila Engkau biarkan aku lama di situ

maka itu pasti karena Engkau menemukan keindahan di dalam keluhan ku

karena selama ini aku baru mendekati doa

hanya bila aku merasa sedih
sekarang aku berjanji

untuk melebihkan doa dan memuji Mu dalam kegembiraan ku

agar Engkau tak melihat perlunya membuat ku bersedih untuk mendengar suara-suara indah dari doa dan pujian ku kepada Mu
engkau Tuhan ku

Engkau kecintaan hidup ku
tidak ada lagi kegelapan

saat ku hadapkan wajah ku

dengan keikhlasan

untuk menyerahkan keseluruhan hidup ku kepada Mu

dan bahwa Engkau alasan dari kualitas hidup ku

agar aku bersanding mesra di sisi Mu Yang Mulia saat aku hidup dalam kehidupan setelah kehidupan ini
aku sangat merindukan Mu
entah mengapa aku sekarang merasa tak beda antara hidup dan mati
karena bila hidup ini indah

maka mati ku pun akan indah
bagi orang yang merindukan Mu, mati adalah awal dari pertemuan indah yang dirindukannya
Tuhan ku yang amat ku cintai

cintailah aku
cantikkanlah hidupku
karena hidupku adalah persembahan ku kepada Mu
maka cantikkanlah persembahan ku
cantikkanlah hidupku

ku berdoa semoga dengan haparapanku bisa bersama nya

itu yang akan menjadikan aku dekat dengan mu.

Aku, harapan, dan citaku hanyalah untukmu…

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS